Rabu, 11 Mei 2016

Devisi yang Diperlombakan didalam Olahraga Panahan
Olahraga panahan yang dikenal di Indonesia terbagi menjadi tiga nomor, berdasarkan jenis busur yang digunakan. Ini merupakan akomodasi dari peraturan yang dikeluarkan oleh FITA terhadap kondisi Indonesia. Ketiganya mewakili jenis busur yang banyak terdapat di Indonesia saat ini, berikut nomor-nomor yang ada di Indonesia saat ini:
1.Ronde tradisional
Ronde tradisional ini menggunakan  busur yang seutuhnya terbuat dari kayu dan anak panah yang digunakan menggunakan anak panah yang terbuat dari bambu. Pada pertandingan ronde ini biasanya dilakukan di lapangan panahan outdoor. Cara menembakkan anak panah kesasaran  dilakukan dalam posisi duduk, target  yang digunakan berjarak 50 m, 40m dan 30m. Sayangnya pada ronde ini sekarang sudah tidak lagi dipertandingkan dalam PON biasanya hanya dipertandingkan untuk event PORDA maupun Pertandingan gaya jemparingan . pertandingan gaya jemparingan biasa dilakukan untuk event yang diselenggarakan oleh kraton maupun Puro Pakualaman. Dalam pertandingan gaya tradisional ini peserta wajib menggunakan pakaian tradisional.
Gambar :

 
2.Nomor Nasional
Pada ronde nasional busur yang digunakan tidak seutuhnya berbahan kayu dan anak panah yang digunakan sudah menggununakan berbahan platinum , jarak yang diperlombakan berjarak 50m,40m dan 30m. Cara melakukan penembakan pada ronde ini adalah dengan cara berdiri. Pada ronde ini dipertandingkan pada event daerah seperti PORPROV, KEJURNAS dan juga PON. Lecutan busur yang dihasilkan pada ronde nasional ini lebih kencang dari pada busur tradisional.
Gambar :

  
3.Nomor Internasional
Busur yang digunakan pada nomor internasional menggunakan alat- alat yang modern dan canggih , cara melakukan penembakan pada nomor ini dilakukan dengan beridri. Pada nomor Internasional dibedakan dengan jenis peralatan atau busur yang digunakan  yaitu nomor recurve dan nomor compound. Untuk busur recurve busur yang digunakan berbahan dasar fiber dan anak panah yang digunakan berbahan dasar carbon jarak yang diperlombakanyaitu jarak 70m. Untuk busur compound busur yang digunakan berbahan dasar fiber , anak panah yang digunakan sama seperti nomor recurve tetapi yang membedakan adalah pada busur compound terdapat catrol yang berada disisiatas dan bawah yang berguna sebagai pengait penahan saat membidik. Jarak yang diperlombakan yaitu jarak 50m.
Gambar :                                                                          
Busur Recurve




Busur Coumpound






  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar